7 Aplikasi Android Wajib Punya Saat Ramadhan

Selama bulan Ramadhan umat muslim diperintahkan memperbanyak ibadah. Bulan penuh rahmat dan berkah.Setiap ibadah akan dikalilipatkan pahalanya. Jadi selama sebulan adalah saat yang tepat untuk berlomba-lomba beribadah. Karena setiap waktu di bulan ramadhan begitu berharga maka sayang bila setiap detik terlewat begitu saja tanpa ibadah. Nah, bila Anda punya smartphone dari keluarga Android berarti Anda cukup beruntung.Ada banyak aplikasi Andoid yang bisa membantu memperbanyak amalan ibadah di bulan Ramadhan. Jadi dimanapun dan kapanpun Anda bisa tetap menambah pahala, seperti membaca Al-Quran atau Hadist. Berikut saya kumpulkan 7 aplikasi Android wajib kita install saat Ramadhan untuk bekal ibadah selama Ramadhan.

  1. MyQuran Indonesia Tadarus Al-Quran dimanapun dengan aplikasi MyQuran Indonesia. Al-Quran lengkap dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Satu gelondong Al-Quran dalam satu gengaman. Setiap saat Anda bisa membaca Al-Quran sekaligus memahami isinya melalui terjemahannya. Dengan MyQuran ini, diharapkan pembaca menikmati membaca Al-Quran dengan mudah dan perasaan bahagia. MyQuran ini sangat spesial karena adanya system achievement yang insyaAllah membuat pembaca termotivasi untuk lebih sering membaca Al-Quran dan juga bisa menjadi bahan renungan sesering apa kita membaca dan mencoba memahami isi Al-Quran.
  2. Belajar Tajwid Untuk menyempurnakan pelafalan dalam membaca Al-Quran kita harusbelajar ilmu Tajwid. Aplikasi yang satu ini bisa membantu Belajar Tajwid akan membantu anda bagaimana belajar Tajwid dasar. Diberikan contoh (ayat) dan bagaimana cara mengucapkannya (sentuh ikon speaker). Setelah aplikasi ini terinstall, maka koneksi internet tidak diperlukan lagi (offline).Mari Mulai Belajar Tajwid!
  3. Tuntunan Salat Sunnah Banyak manfaat dan keutamaan shalat Sunnah yang dapat dipetik. Seperti sebagai penyempurna akan shalat wajib, menghapuskan kesalahan, membawa keberkahan, menaikan derajat dan masih banyak keutamaan lainnnya. Contoh salat sunnah yang tersedia disini, salat Dhuha, salat Tahajjud, salat Rawatib dst. Tuntunan Shalat Sunnah versi mobile ini semoga dapat membantu meningkatkan shalat Sunnah kita. Aplikasi ini disertai dengan bacaan (lafaz-Arab) dan pelafalan latin. Sehingga memudahkan user yang belum terbiasa bacaan (huruf) Arab.
  4. Doa Harian Doa-Doa Harian Setiap akan melakukan kegiatan apapun hendaknya diawali dengan doa. Masuk atau keluar rumah, akan makan, dalam perjalanan dsb akan lebih baik doa terlebih dahulu. Segala aktifitas mulai dari bangun tidur sampai akan tidur lagi, semua diiringi dengan doa. Isi hari anda dengan do’a-do’a harian ini, Semoga ALLAH senantiasa memberkahi hidup Anda.
  5. 1100 Hadist Terpilih Indo 1100 Kumpulan Hadist Bahasa Indonesia Hadist sebagai pedoman hidup kaum muslim setelah Al-Quran mengajarkan kita untuk hidup baik secara Islami. Segala perilaku Rasulullah sebagai sebaik-baik manusia menjadi tauladan umat. Untuk mempermudah mempelajari hadist ada sebuah aplikasi Android tentang terjemah hadist bernama 1100 Hadist Terpilih Indo. Berisi kumpulan Hadist dalam bahasa Indonesia sehingga mudah dipahami. Dengan isi topik utama tentang Islam – Iman – Ihsan, Syuhada, Ibadah, Wudlu, Shalat, Shaum Puasa, Zakat dan shodaqoh, Haji dan Umrah, Adab, Sabar. Tersedia dalam versi gratis(Demo) dan berbayar.
  6. Asmaul Husna Asmaul Husna Asma’ulhusna, adalah 99 ( seratus kurang satu ) nama-nama baik dan indah Allah. Asma’ulHusna diyakini memiliki faedah bila kita berzikir dengan menyebut namaNya. “Allah memiliki Asmaa’ul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama yang baik itu…” – (QS. Al-A’raaf : 180) Dalam aplikasi ini, disertakan pula twit dari @fiqihislam yang berisi hukum-hukum syariat dasar yang mungkin belum kita tahu. Aplikasi ini bisa dibaca secara offline Semoga aplikasi ini memberi manfaat untuk kita semua.
  7. Azan, Kiblat-MuslimDaily(lite) Azan, Kiblat-MuslimDailySatu lagi aplikasi yang tidak kalah bermanfaat. Sebuah aplikasi yang mempunyai berbagai fitur tentang salat. Mulai dari penentu arah kiblat sampai waktu azan. MuslimDaily adalah sebuah aplikasi untuk memonitor kegiatan ibadah kita sehari – hari.Fitur dari MuslimDaily:
    • Jadwal waktu sholat berdasarkan koordinat disertai Suara Azan
    • Hitung mundur Waktu Sholat
    • Hitung mundur hari besar Islam
    • Kegiatan harian seperti Sholat Wajib 5 Rakaat, Sholat Sunah Dhuha, Tahajud, Witir, Membaca Al-Quran, Ceramah Agama (Pada versi infaq)
    • Laporan Kegiatan Harian (pada versi infaq)
    • Arah Kiblat
    • Kustomisasi perhitungan waktu sholat, hidup/matikan notifikasi
    • Konfersi otomatis tanggal Masehi ke Hijriah
    • Menggunakan GPS untuk lokasi kiblat dan jadwal sholat

Itulah beberapa aplikasi Islami yang menurut saya wajib ada di Android smartphone seorang muslim. Dan akan sangat berguna saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Untuk operasionalnya kita bahas bersama saja ya. Karena terus terang saya juga baru mengkoleksi aplikasi-aplikasi diatas. Silakan ditulis pada kolom komentar. Sekizn dulu, semoga bermanfaat.

6 pemikiran pada “7 Aplikasi Android Wajib Punya Saat Ramadhan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s