Travel to Kepulauan Seribu

1.peta-untung-jawa.jpg
Kepulauan yang ada di utara laut Jakarta ini memang tidak ada habisnya kedatangan turis. Termasuk saya dan satu rombongan pun mencoba jadi turis domestik. Walau ditengah laut, tetapi jangan khawatir susah untuk menjangkau spot wisata bahari Jakarta ini. Kapal dari pelabuhan Jakarta Utara sudah banyak yang secara rutin bolak-balik daratan-kepulauan. Atau mencoba paket wisata yang banyak ditawarkan. Jalan ini yang kami tempuh dan akan coba saya jelaskan sedikit ceritanya. Tentunya versi awam saya. Jadi kalau ada info yang kurang jelas ya maaf.
Langsung saja! Paket wisata kelihatannya menawarkan harga yang lebih miring dan tujuan wisata lebih menarik. Tetapi syaratnya harus rombongan, baru bisa murah. Tarif yang ditawarkan rata-rata 150-200 ribu rupiah untuk rombongan 30-50 orang. Sebenarnya varian paket wisata yang ditawarkan banyak sih. Namun yang kami pakai saja yang akan saya terangkan.
Kami memilih paket Rp 200.000,00 per orang dengan rombongan sekitar 33 orang. Fasilitas yang ditawarkan meliputi transportasi laut, penginapan atau homestay sehari semalan, 3x makan besar khas pesisir dan kunjungan ke beberapa pulau.
Perjalanan dimulai dari Muara Angke, Jakarta Utara. Persinggahan pertama adalah Pulau Untung Jawa yang sekaligus juga tempat home stay. Satu dari beberapa pulau di gugus Kepulauan Seribu yang berpenghuni. Karena peraturan homestay pengunjung check out max pukul 12.00 maka datang sepagi apapun tetap check in nya sekitar pukul 13.00(peraturan setiap home stay berbeda-beda). Tapi tenang, bila datang sebelum jam tersebut kita bisa istirahat di Panggung Bahari. Sebuah pelataran di tepi pantai namun rindang yang khusus untuk pengunjung duduk santai lesehan. Nih foto tempatnya.
1panggung-bahari.jpg Lihat tempat lainnya
Sambil menunggu makan siang sea food sambil melihat-lihat pemandangan sekitar dan sambil-sambil lainnya.
Mau mengelilingi pulau tapi malas jalan kaki? Santai! Ada penyewaan sepeda, 5000 rupiah per sepeda untuk 1 jam. Waktu yang cukup lama buat mengitari pulau yang terbilang kecil ini. Atau mau coba permainan air. Ada Banana Boat juga di pulau ini nih.
1banana-boat.jpg
Namun wahana ini tidak termasuk dalam paket perjalanan wisata. Jadi harus mengeluarkan kocek sendiri untuk menikmatinya. Nggak mahal kok, cuma Rp140.000,00 per sekali boat jalan. Kalau ditanggung 4 orang kan jadi bisa patungan. Asyik lho wahana ini. Jangan takut tenggelam, kan pakai pelampung. Lagian ada kru yang siap menolong.
Setelah puas bermain air, saatnya cari souvenir untuk oleh-oleh. Seperti wisata pesisir lainnya, di Pulau Untung Jawa mempunyai cindera mata khas olahan biota laut (kerang-kerangan, dll). Tak akan susah mencari oleh-oleh khas pulau, karena banyak penduduk sana yang menjual.
dermaga-mancing.jpg
Malam hari disana memang tak seramai siang. Namun tetap saja ada aktifitas. Seperti gambar diatas, para maniak mancing yang menyalurkan hobinya di dermaga. Atau kalau ingin lebih ramai lagi ya bikin acara sendiri. Bakar-bakaran ikan laut salah satunya. Ikan, udang dan cumi-cumi bisa pesan dari nelayan setempat. Arang pun juga sudah ada! Jadi tinggal bakar sendiri.
Keesokan harinya perjalanan dilanjutkan ke pulau lain, sekaligus jadi perjalanan pulang. Mulai dari pulau terdekat dulu, yaitu Pulau Rambut. Pulau yang tak berpenghuni ini menjadi tempat berkembang biak puluhan spesies burung. Selanjutnya ke pulau yang agak jauhan dikit, Pulau Kelor.
Tak banyak yang bisa dilihat di pulau ini. Maklumlah luasnya saja tak lebih besar dari lapangan bola. Hanya ada benteng dan beberapa pohon diantara semak belukar.
Terakhir Pulau Onrust, pulau yang penuh kenangan sejarah penjajahan. Dari sini langsung cabut pulang mendarat ke Muara Angke. Detail tentang Pulau Seribu

2 pemikiran pada “Travel to Kepulauan Seribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s