Tentang Kepulauan Seribu & Untung Jawa

Pulau Untung Jawa

 Kepulauan Seribu, gugusan kepulauan yang terdiri dari banyak pulau dan tersebar di laut utara Jakarta. Beberapa pulau telah berpenghuni, sedangkan lainnya masih kosong. Salah satu yang berpenghuni adalah Pulau Untung Jawa.
 Pulau Untung Jawa sendiri masuk dalam wilayah Kepulauan Seribu Selatan. Dan juga jadi salah satu pusat aktifitas penduduk pulau dengan 500 kepala keluarga yang menghuni pulau tersebut. Pantainya berpasir putih dan air lautnya cukup jernih. Karena sudah lumayan cukup jauh dari pantai Jakarta yang terkenal kotor.

Gambaran pantai pasir putih Pulau Untung Jawa.
Sunrise nan mempesona
Sunrise dari salah satu pantainya.
Di pulau seluas sekitar 40 ha ini sudah ada gedung sekolah SD dan SMP. Untuk sekolah tingkat atas anak-anak disana terpaksa harus keluar pulau.

Pulau Rambut

Rimba dari atas menara

 Pulau yang terdekat dari U. Jawa ialah Pulau Rambut. Tak seperti pulau tetangganya, pulau ini tak dihuni oleh manusia. Melainkan jadi tempat berkembang biak puluhan spesies burung, kalong, reptil dan hewan kecil lainnya. Hanya ada beberapa Jaga Wana yang ditugaskan mengawasi pulau. Ditengah pulau ada sebuah menara yang digunakan oleh jagawana untuk mengamati burung yang bersarang di pulau.

Menara Pengawas Burung

Selain penjaga, pengunjung juga diperbolehkan mendatangi dan menaiki menara. Jadi kita bisa menyaksikan sarang Burung Bangau  dari kejauhan. Selain burung juga ada Kalong yang bersarang berkelompok di satu pohon.
 Saat masuk ke sana kesan yang terasa adalah hutan yang belum terjamah dan liar. Dan sebagian wilayah pulau itu bervegetasi hutan mangrove.
Hutan Bakau
Jadi tak heran bila banyak dijumpai pohon bakau.
Pulau Kelor
 Pulau ini mungkin bisa dikatakan hanyalah tumpukan pasir yang muncul di tengah laut. Karena luasnya yang tak lebih luas dari lapangan bola.
Pulau Kelor
Hanya ada sebuah reruntuhan bangunan, beberapa pohon dan semak belukar.  Yang paling menarik perhatian adalah puing-puing bangunan peninggalan Belanda. Itu merupakan bekas benteng kecil dan bagian bawah Menara Martello yang dibangun Belanda pada tahun 1850.

Ruang Bawah Menara Martello

Foto di atas hanya ruang bawahnya saja. Kalau dulunya setinggi apa ya?
Pulau Onrust

Benteng Fortress
 Diantara pulau lainnya, Pulau Onrust lah yang paling banyak menyimpan kenangan sejarah masa penjajahan. Pulu ini pernah jadi benteng pertahanan Belanda dari gempuran musuh-musuhnya. Benteng-benteng tersebut dibangun sekitar tahun 1650-an. Namun kini hanya tinggal puing-puing. Tempat ini juga pernah dijadikan barak karantina para calon jemaah haji.
 Selain pulau-pulau diatas masih ada banyak lagi pulau di gugusan Kepulauan Seribu yang menarik dikunjungi. Seperti Pulau Cipir(pulau yang pernah disatukan dengan Pulau Onrust oleh sebuah jembatan), Pulau Bidadari yang disebut-sebut sebagai pulau VIP. Lalu Pulau Pramuka  dengan keindahan bawah lautnya yang tidak akan mengecewakan untuk snorkeling dan diving.

4 pemikiran pada “Tentang Kepulauan Seribu & Untung Jawa

  1. Ping-balik: Travel to Kepulauan Seribu | Event dan Moment

  2. Trima ksih kunjungnnya n slam knal jg. Tu foto pake kamera ponsel Mas. Lg nyari kamera compact nih, punya rekomendasi ga’ Mas? Slain kamera 16 px yg ada di blog Mas. Budget max 2 jt

  3. Budget 2 juta pilihannya banyak, bisa canon (seri A atau seri Ixus), Lumix atau Fuji. Yg Fuji malah tidak cuma kamera kompak, tapi kamera super zoom dgn tampang serius juga harganya 2 juta, misal Fuji S2800 HD. Bulan depan saya rencana maau main ke pulau Pari, hunting sambil liburan…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s