Berburu Buku Keluaran Lama di Kompas Gramedia Fair 2011

  Beberapa hari kemarin kerja terasa membosankan. Kurang semangat dan tak bergairah. Tidak ada penyemangat mengenang cerita maupun menanti rencana akhir pekan. Sudah pasti, beberapa akhir pekan kemarin saya tidak kemana-mana. Kalaupun keluar dari sarang hanya ke tempat itu-itu saja. Sudah biasa, jadi tak ada cerita dan pengalaman baru. Dalam lamunan kejenuhan bekerja, saya memikirkan sebuah rencana. “Pokoknya akhir ini saya harus keluar dari kebiasaan. Pergi ke tempat baru mencari pengalaman jalanan baru.” Tapi kemana ya? Ah, yang penting menelusuri jalan se jalan-jalannya. Istilah orang Inggrisnya “Sak mlaku-mlakune sikel”. Kamis, 24 Februari 2011 pagi hari, saya melihat sebuah judul artikel di Kompas.com yang menarik perhatian saya. Judulnya mengandung unsur berburu buku dan Kompas Gramedia Fair(KGF) 2011. Sepertinya judul itu mengacu pada sebuah event mengenai buku. Langsung saja saya klik dan baca artikelnya. Ternyata benar adanya. Memang itu sebuah pengumuman tentang diadakannya event tahunan pameran dan bazar buku murah Kompas Gramedia. Dibuka mulai 23 Februari hingga 27 Februari 2011 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Kebetulan saya juga sedang ingin mencari buku. Apalagi kalau benar murah atau diskon besar-besaran. Cari buku sambil jalan-jalan refreshing. Tanggal 27 februari 2011 hari Minggu. Wah, masih sempat hari terakhir ke sana.
  Matahari Minggu baru saja muncul. Saatnya plesir-plesir. Ajak teman tak ada yang bisa. Semuanya punya urusan masing-masing. Tapi tak masalah, jalan sendiri pun Ok. Malah lebih leluasa walaupun agak kesepian. Berangkat naik bus TransJakarta dari halte Plumpang Pertamina saya harus transit dua kali hingga sampai ke tujuan. Mendung dan agak gerimis. Terlanjur basah lanjutkan saja. Sampai kawasan Gelora Bung Karno langsung menuju Istora. Wah banyak mobil yang terparkir. Pasti di dalam ramai. Bergegas masuk untuk melihat seperti apa meriahnya.
  Tak hanya buku yang dipamerkan. Ada pameran robotic dan lain-lainnya juga. Tujuan utama berburu buku, maka harus cari stand buku. Masuk ke lapangan utama di tengah gedung. Disini lah mungkin acara utamanya. Mungkin, saya hanya menebak. Karena memang pusatnya dan ada panggungnya. Tiap rak buku saya pandangi. Masing-masing buku ku lihati judulnya. Dan ku baca deskripsinya. Berharap menemukan buku menarik selain buku yang saya cari dengan diskon lumayan. Tak ada yang menarik minat saya di rak utama. Yang dicari pun tidak ada. Keluar dari lapangan utama masuk ke lorong. Disini juga ada banyak buku-buku. Dan yang dicari ketemu. Buku-buku dengan harga super murah. Paling murah 5ribu dan termahal cuma 20ribu. Terbilang murah untuk buku-buku terbitan Kompas Gramedia. Meski tak semua buku 100% baru(sebagian besar sudah tidak terbungkus plastik alias bekas buku sampler dan terbitan lama). Tak heran banyak orang berkerumun disini. Saya pun ikut berkerumun memilah-milah. Semakin sore harga terus diturunkan. Semula harga termahal 20ribu kini menjadi 10ribu saja. Hingga akhirnya all item serba 5ribu kecuali komik. Semakin banyak saja yang berkerumun. Mengacak dan memilah buku yang menurut mereka bagus. Ada yang mengambil 5, 6, 8 dan lebih banyak. Tak mau kalah dengan yang lain. Semula hanya memilih 2 jenis buku kini tambah 2 lagi. Kalah cepat dengan yang lain hanya kebagian 4 buku menarik diantara sekian banyak buku. “Dua hari kemarin buku ini harganya masih 20ribu, sekarang hari terakhir buku ini cuma 5ribu. Saya ambil ini plus yang lainnya.” kata salah seorang pengunjung yang memborong buku.
  Sayang buku-buku itu seolah diacak-acak hingga banyak berserakan di lantai. Kaki-kaki mereka pun menginjaki buku itu. “Aduh… Orang itu menginjak buku-buku itu. Apa dia tidak melihatnya. Kasihan bukunya.” gumam seorang pengunjung wanita (kurasa dia mahasiswi) yang tidak sengaja ku dengar. Untung lah masih ada yang peduli dengan hal itu. Catatan kali ini tidak ada foto-foto. Karena terlalu asyik hingga lupa tidak memotret satupun objek.
Kalau dibilang info event jelas sudah ketinggalan jaman, sudah telat. Jadi hanya berbagi cerita saja

Posted by zulfar_rr via Wordmobi

2 pemikiran pada “Berburu Buku Keluaran Lama di Kompas Gramedia Fair 2011

  1. ya.. di satu sisi acara obral buku jadi seruuuu banget..tapi ya itu, banyak yang kemudian enggak menghargai buku-buku itu sendiri. keinjek lah.. dilempar gitu aja ke tumpukan..ughh,… sayang kan kalo sampe halamannya copot-copot gitu.. plus sampulnya kotor.. :<

    dapet borongan apa aja disana? hehehe

    salam kenal ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s