Perkeretaapian di Batavia(The Batavia Railway System)

  Apa yang ada di benak kita kalau melihat kereta api? Si Ular Besi itu mampu mengangkut banyak orang. Kereta api angkutan umum yang cepat dan tidak bisa dikalahkan. Mungkin ada yang berpikir sejak kapan di Indonesia ada kereta api. Beberapa waktu yang lalu saya turun dari kereta di Stasiun Tanjung Priok. Melihat struktur bangunannya sepertinya dibangun pada zaman kolonial. Saya jadi tertarik menelusuri sejarah perkeretaapian. Dan inilah hasil penelusuran saya. Diawali dari sejarah perkeretaapian di Batavia.

Noord Stasion
Gambar Noord Stasion
  Sejarah perkeretaapian di Batavia dimulai dengan dibangunnya stasiun kereta api oleh NS pada tahun 1870 yang melayani rute Batavia-Buitenzorg(Bogor). Lokasi stasiun yang dikenal dengan nama NOORD STASION ini adalah di Jalan Lada, tepatnya di lokasi Kantor BNI saat ini. Sebelumnya, tepatnya pada tahun 1869, telah mulai dioperasikan trem yang ditarik kuda dengan rute Pasar Ikan-Kwitang. Pada tahun 1881, trem kuda ini diganti dengan trem yang dioperasikan oleh NITM(Nederlandsche Indische Tremweg Maatscappij) dan pada tahun 1901 ditambah dengan trem listrik.
Trem Listrik Si Bonbon
Trem Listrik ESS 3202 atau Si Bonbon
Loko trem listrik pertama adalah ESS 3202 yang lebih dikenal dengan nama Si Bonbon yang kini ditempatkan di Balai Yasa Manggarai, PT Kereta Api Indonesia (Persero). Trem uap dihentikan operasinya pada tahun 1933 dan seluruhnya diganti dengan trem listrik yang dioperasikan oleh BETM (Batavia Electric Tremweg Maatschappij). Seluruh trem Jakarta secara resmi dihapus pada tahun 1960. Sumber: Cagar Budaya St. Tanjung Priok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s